Berastagi


Kawasan Wisata Berastagi di Sumatera Utara dikenal sebagai daerah dengan iklim yang sejuk dengan udara khas pegunungan. Berastagi adalah sebuah kecamatan di Tanah Karo, terkenal dengan hasil bumi, seperti sayur dan buah.Di daerah Berastagi, terdapatsejumlah tempat menarik untuk berekreasi.


Suasana alam yang segar dan sejuk dapat Anda temukan di Berastagi. Anda akan menjumpai hamparan pepohonan, kebun-kebun, serta rumput hijau di bukit-bukit. Inilah sebabnya mengapa kawasan ini menjadi destinasi favorit wisata keluarga, ramai dikunjungi kalangan penikmat perjalanan, baik dari Medan, daerah lainnya di Sumatera, wisatawan domestik, hingga kalangan mancanegara melalui pintu masuk Bandara Internasional Kualanamu di Kota Medan.
Kawasan wisata Berastagi ini memiliki persamaan yang mirip dengan kawasanWisata Puncak Bogor Di Jawa Barat, wisata Kaliurang di Jogja, atau wisata Batu Malang di Jawa Timur.

Daerah wisata Berastagi secara administratif terletak di wilayah Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara. Topografi wilayahnya mencerminkan daerah yang terletak di deretan Pegunungan Bukit Barisan, berketinggian sekitar 1.300 meter dpl dan diapit oleh dua gunung berapi aktif, yaitu Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak.

Inilah sebab mengapa Berastagi memiliki udara yang begitu sejuk dan terkenal dengan kesuburan tanahnya. Sejak lama, Berastagi dikenal sebagai tempat penghasil sayur dan buah paling produktif di Sumatera Utara. Di era kolonialisme Belanda, Berastagi telah menjadi sebuah pusat perkebunan dan berlangsung hingga sekarang

Saat memasuki kawasan wisata Berastagi, Anda dapat menjumpai para penjual sayur dan buah-buahan yang berjejer menjajakan dagangan di sepanjang jalan.
Di antara sekian banyak hasil bumi Berastagi, buah jeruk manis dan markisa adalah yang paling terkenal.
Berastagi juga dikenal dengan aneka tanaman hias. Setiap tahun, biasanya diselenggarakan Pesta Bunga dan Buah secara rutin.

Comments