Usaha Warnet



Peluang usaha warnet / game center masih sangat menjanjikan. karena perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini membuat orang semakin merasa membutuhkan Internet.Internet dapat membuat yang jauh terasa dekat. Di mana pun dan kapan pun setiap orang dapat dengan mudah terhubungkan dengan orang lain di tempat mana pun di dunia ini.

Pesatnya perkembangan dan kebutuhan orang akan Internet membuka peluang tersendiri bagi Anda yang ingin mencoba berusaha di bidang ini. Membangun sebuah warung internet (warnet) bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Usaha warnet sebenarnya tidak rumit, usaha ini cukup mudah didirikan.

Yang dibutuhkan hanyalah beberapa unit komputer, software untuk menjalankannya, jaringan komputer yang menghubungkan antara satu komputer dengan yang lainnya, serta tentu saja koneksi internet.

Konsumen sasaran Anda adalah semua kalangan, terutama kalangan anak muda yang aktif menggunakan internet, misalnya untuk membuka Facebook, mengecek e-mail, chatting, dan lain sebagainya.

Bagaimana Memulai Bisnis Ini

Usaha ini tidak membutuhkan orang dengan kemampuan teknis yang tinggi di bidang komputer, sehingga Anda tidak perlu menggaji seorang pegawai warnet terlalu tinggi. Cukup lulusan SMA yang sedikit-banyak mengerti tentang komputer.

Dalam merencanakan usaha warnet, ada beberapa hal yang patut menjadi pertimbangan utama, di antaranya adalah sebagai berikut.

a. Lokasi
Lokasi mempunyai peranan penting dalam bisnis ini. Lokasi yang bisa dikatakan strategis untuk bisnis ini adalah daerah yang dekat dengan sekolah/kampus ataupun dekat dengan pusat keramaian.

Banyak orang yang beranggapan bahwa lokasi yang dekat dengan kegiatan mahasiswa akan menguntungkan bagi usaha warnet. Sedangkan alternatif pengunjung lain adalah pekerja. Namun, segmen ini sepertinya masih lebih rendah jika dibandingkan dengan pelajar/mahasiswa. Yang pasti, lokasi dapat menjadi tolak ukur keberhasilan usaha warnet ini.

b. Komputer
Komputer yang akan digunakan untuk usaha ini tidak perlu berspesifikasi terlalu tinggi. Karena, biasanya orang datang ke warnet untuk sekedar browsing atau chatting. Jadi, carilah komputer yang layak namun tidak terlalu mahal. Untuk penggunaan software yang orisinal atau asli.
Jumlah komputer dalam satu warnet pun turut mempengaruhi keberadaan warnet tersebut.

Sebaiknya, Anda menginvestasikan komputer dalam jumlah yang cukup. Karena dengan begitu, tingkat pemakaian koneksi internet lebih efisien. Jumlah komputer yang banyak dapat menghindarkan pengunjung dari menunggu terlalu lama untuk mendapatkan giliran menggunakan komputer. Jika pengunjung harus menunggu lama, biasanya mereka enggan untuk kembali lagi.

c. Jaringan
Jaringan yang biasanya digunakan untuk Internet menggunakan topografi jaringan tipe STAR dan network-nya menggunakan LAN (Lokal Area Network). Beberapa peralatan standar yang dibutuhkan biasanya adalah hub atau switch hub, router (biasanya menggunakan 1 komputer), serta kabel network (sebaiknya menyediakan 1 rol untuk persiapan atau penggantian kabel nantinya), kemudian dibutuhkan pula ethernet card atau disebut juga LAN card serta konektor (RG 45).

d. Biaya Listrik
Penggunaan listrik untuk sebuah warnet ditentukan dari seberapa besar kebutuhan daya listriknya. Biaya listrik tersebut biasanya ditentukan oleh pemakaian komputer yang tersedia. Untuk 10 komputer, daya listrik yang dibutuhkan biasanya sekitar 6.600 watt. Perkiraan biaya listrik untuk daya sebesar itu biasanya berada di kisaran Rp.900.000 s.d Rp.1.500.000,- per bulannya.

e. Biaya Koneksi Internet
Pilihan koneksi internet sangat beragam dan bergantung pada bandwidth, media koneksi, kualitas, dan lain sebagainya. Akan lebih baik jika Anda menentukan terlebih dahulu kebutuhan bandwidth sebelum berbicara masalah biaya koneksi. Untuk mengetahui berapa biaya koneksi, dapat dilihat pada beberapa ISP yang ada di Indonesia. Warnet vs Game Online
F Memilih Lokasi yang tepat
Lokasi adalah faktor yang paling berpengaruh jika anda ingin membangun warnet. PKS sering disebut orang sebagai kategori yang tepat untuk membuat tempat usaha. Bukan nama sebuah partai lho…J Melainkan Pasar, Kantor, Sekolah (PKS). Tapi untuk warnet, sekolah adalah lokasi yang tepat untuk membuat warnet. Sekolah di sini bisa berarti sekolah atau kampus.Tapi jika anda memilih sekolah, sebaiknya anda memasang tanda “Yang berseragam sekolah dilarang masuk”. Hehe..Nanti sekolah di tempat anda kosong, karena murid-muridnya sibuk main RF J.
G Memilih ISP Warnet yang tepat
Jangan cuma memilih ISP Warnet yang murah saja, After sales juga harus diperhatikan. ISP yang memberikan layanan yang cepat lebih baik kita gunakan walaupun harganya sedikit mahal. Anda pasti tidak mau kehilangan pelanggan kan,karena koneksi di warnet anda sering putus-putus dan respon dari ISP Anda yang tidak memuaskan.


H Desain warnet yang “Gaul Abis”
Desain warnet disesuaikan dengan pengunjungnya. Untuk game online, pilihlah desain interior warnet yang gaul abis..Artinya pilihlah cat tembok yang hidup, poster-poster game online, sampai pasang spanduk di pintu depan.Buat pelanggan senyaman mungkin di tempat Anda. Sediakan dua tempat, yang bersekat dan yang tidak. Sebagian dari pengunjung ada yang senang bergerombol, tapi ada pula yang ingin privasinya tidak terganggu. Dan juga sediakan lahan untuk parkir motor yang cukup.
I Backup
Backup yang saya maksud adalah backup perangkat dan backup biaya. Untuk backup perangkat sediakan 3 PC untuk backup PC router, server billing, dan PC client. Jadi ketika terjadi kerusakan operator tinggal mengganti PCnya saja sehingga waktu downtime dapat Anda minimalisai. Sedangkan backup biaya yang saya maksud adalah sediakan dana backup minimal cukup untuk biaya operasional 3 bulan ke depan. 3 bulan pertama setelahwarnet anda berdiri adalah masa-masa sulit bagi usaha anda. Dengan adanya biaya backup ini, resiko usaha dapat kita kurangi.
Kontrol dan Perawatan
Jangan lupa mengontrol warnet anda setelah beroperasi. Untuk Pembukuan dapat kita periksa sehari-hari yang dapat kita download datanya dari server billing.Selain itu update patch game online, windows, anti virus secara berkala sebagail langkah perawatan warnet anda. Merawat gedung, meja,kursi dan perangkat lainnya tidak terlepas dari langkah perawatan kita.





Warnetnya menggunakan teknologi N-computing. Teknologi ini memungkinkan satu komputer digunakan oleh beberapa pelanggan. Jadi, kalau di warnet beliau satu komputer dengan spesifikasi yang agak tinggi di hubungkan dengan beberapa monitor, beberapa keyboard, dan beberapa mouse. Misal ada lima pelanggan, berarti peralatan yang dibutuhkan adalah 1 komputer, 5 monitor, 5 keyboar, 5 mouse, dan set perlap N-komputing.  Teknologi ini memiliki kelebihan dari sisi meminimalisir modal dan mengurangi beban listrik karena memperkecil jumlah komputer dari yang normal. Sementara kekurangannya yaitu tidak dapat menjalankan program-program yang sangat berat seperti game online.
Ketika ditanya ” berarti pangsa pasarnya untuk mahasiswa yah? “. Katanya pasar pelanggan terbanyak ternyata bukan mahasiswa, melainkan siswa smp dan sma terutama yang perempuan. Mereka mencari tugas, browsing informasi, bermain facebook, dan ada yang bermain game kecil di browser. Mereka yang ingin bermain internet dengan nyaman dan tidak berisik rupanya memilih bermain di warnetnya. Tipsnya adalah benar-benyar menjaga kenyamanan ruangan, memberikan fasilitas yang lengkap, dan menyajikan keramahan serta kesigapan operator.
Pernah ada goncangan, yaitu ketika di lantai bawah ruko dimana warnet browsing tersebut dibangun, ada warnet baru dengan spesifikasi komputer yang tinggi, sementara warnetnya terletak di lantai atas. Warnet baru tersebut selain dapat dipakai untuk browsing, juga mumpuni untuk game online. Ketika pelanggannya menuju ke warnet tersebut mau gak mau akan melewati warnet game online terlebih dahulu. Ini tentunya akan menyerap pelanggan teman saya itu dan dikhawatirkan akan kalah saing, mengingat warnet baru tersebut mempunyai banyak kelebihan ketimbang milik temen saya.
Pada awal warnet game online tersebut baru buka, omzet warnet milik temen saya tentu saja berkurang lumayan. Namun karena kegigihan dan tidak mau menyerah, ia berusaha memberikan pelayanan yang terbaiknya.  AC dijaga agar selalu dingin. Begitu tidak terasa dingin ia akan segera memanggil tukang ac untuk menservicenya. Pernah pada suatu waktu ia sampai memanggil beberapa tukang, karena ACnya tidak juga berasa dingin. Kebersihan dan kerapihanpun ditekankan kepada operatornya. Operator dituntut untuk sigap menjaganya termasuk sigap untuk segera melayani dan membantu pelanggan apabila mengalami kesulitan. Kadang dia memantau langsung usahanya itu dan terus menerus melakukan perbaikan kualitas. Hasilnya setelah beberapa bulan berjalan, omzet warnetnya kembali normal. Sementara warnet game online di bawahnya terkesan tidak terawat ,tidak rapih, dan tidak sedap baunya (typical warnet game online pada umumnya) warnet milik teman saya itu terlihat rapih dan jauh lebih terawat dengan pelayanan yang baik dan fasilitas yang lengkap.

Hambatan

Mudahnya menjalankan usaha ini membuat orang berlomba-lomba untuk mendirikannya, terutama di daerah sekitar kampus dan permukiman padat. Dalam satu lokasi, kadang bisa terdapat 2-3 warnet dengan letak yang berdekatan.

Menjamurnya usaha ini membuat persaingan menjadi semakin keras. Mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan pelanggan. Para pengusaha warnet berkompetisi tidak hanya dari sisi kenyamanan, spesifikasi komputer, dan kecepatan koneksi Internet, namun juga dari sisi harga. Harga bisa diturunkan sampai di bawah harga pasar untuk mengundang pelanggan.

Pesaing dalam usaha ini bukan hanya warnet lain, tetapi ISP pun dapat menjadi saingan, karena ada beberapa produk mereka yang menyaingi warnet. Selain itu, maraknya notebook/netbook murah dengan fasilitas wi-fi yang sudah terpasang juga menjadi salah satu ancaman.


Kunci Sukses

Warnet Anda harus nyaman dari semua aspek, mulai dari ruangan, kursi, layanan, dan juga spesifikasi komputer yang tersedia. Untuk ruangan, sebaiknya menggunakan AC, karena meskipun hanya duduk untuk browsing ataupun chatting, pelanggan tetap membutuhkan kenyamanan. Untuk layanan, Anda dapat menyediakan berbagai makanan ringan dan minuman yang bisa dipesan sewaktu-waktu oleh pelanggan.
LAYANAN INTERNET SERVICE PROVIDER (JARINGAN)
Sebelum sobat menetukan tempat untuk membuka usaha warnet, hal yang terpenting adalah menentukan layanan ISP yang digunakan. Meskipun tempatnya strategis, tidak ada pesaing, tapi jika daerah tersebut tidak bisa dilayani oleh ISP yang sobat pilih maka percuma saja.
Sebagai contoh saat ini layanan ISP yang paling umum untuk warnet adalah Speedy dari Telkom, karena selama ini Speedy masih dianggap paling mudah dan murah dalam proses aktivasinya. Hingga saat artikel ini diposting, Teknologi Speedy masih bergantung sepenuhnya pada jaringan telepon kabel Telkom, jadi secara otomatis untuk menggunakan jaringan Speedy sobat harus memiliki jaringan telepon terdahulu. Namun meskipun demikian tidak berarti bahwa jika ada jaringan telepon, lalu bisa pula dilayani Speedy.
Jaringan telepon yang bisa dilayani Speedy hanyalah jaringan yang tersedia DSLAM, yaitu sebuah alat yang berfungsi menggabungkan dan memisahkan sinyal data dengan saluran telepon yang dipakai untuk mentransmisikan data, peralatan ini terletak di ujung sentral telepon terdekat. Berfungsi juga sebagai multiplexer. Perangkat ini merupakan sebuah syarat dalam pengimplementasian jaringan internet Speedy. Selain itu DSLAM memiliki kuota terbatas hanya untuk beberapa nomor telepon, jadi siapa cepat dia dapat, dan kalau kuota DSLAM-nya habis berarti sobat harus menunggu hingga ada penambahan DSLAM baru.
Selain DSLAM yang habis atau bahkan belum ada, hal yang mengakibatkan tidak bisa terlayaninya kebutuhan internet sobat oleh Speedy adalah karena jarak yang jauh dari tempat sobat ke sentral telepon terdekat ( biasanya lebih dari 5 km ) dan jaringan telepon yang sudah penuh.
Jadi kesimpulannya, sebelum menentukan tempat untuk usaha warnet, sobat hubungi terlebih dahulu pihak ISP yang akan sobat pilih, apakah tempat yang sobat pilih sudah bisa terlayani dengan baik atau belum.







Analisis Usaha


Investasi Awal

Peralatan :
5 unit komputer @ Rp.2.000.000,- Rp. 10.000.000,-
1 unit komputer server Rp. 3.500.000,-
6 meja + kursi @ Rp.250.000,- Rp. 1.500.000,-

Peralatan pendukung :
(switch hub, router, kabel jaringan,dan lain-lain) Rp. 1.000.000,-
-----------------
Jumlah Rp. 16.000.000,-


Penyusutan untuk investasi selama empat tahun dengan nilai sisa sebesar Rp.1.000. Penyusutan per tahun = (Rp.16.000.000 - Rp.1.000)/4 = Rp.3.999.750 per tahun atau Rp.333.312 per bulan.


Perhitungan Laba/Rugi Per Bulan

Pendapatan
5 komputer, 17 jam per hari, per jam Rp.2.000,-
Rp.2.000,- x 17 x 5 x 30 Rp. 5.100.000,-

Biaya
Listrik Rp. 500.000,-
Koneksi Internet Rp. 850.000,-
Perawatan komputer Rp. 300.000,-
Gaji 2 pegawai @ Rp.600.000,- Rp. 1.200.000,-
Penyusutan Rp. 333.312,-
------------------
Jumlah Biaya Rp. 3.183.312,-


Laba Bersih = Pendapatan - Biaya

Rp.5.100.000 - Rp.3.183.312 = Rp.1.916.688,-

Comments